PROFESI DIBIDANG IT
Chapter 5 - PROFESI DIBIDANG IT
Tugas yang diberikan :
NAMA : RIO ISKANDAR SYAH
NIM : 2010651118
KELAS : TEKNIK INFORMATIKA C
Sofware Seo Marketing
SEO kependekan dari Search Engine Optimization. Definisi SEO ialah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Jika posisi website Anda berada di posisi hasil pencarian terbaik di SERP(search engine result pages) akan memungkinkan orang lain menemukan website Anda dengan mudah. Search Engine Optimization atau SEO juga merupakan sebuah upaya untuk mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat teratas pada halaman hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, maka potensi website Anda mendapatkan trafik secara organik pun meningkat. Selain untuk menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan trafik yang berkualitas. Maksudnya adalah Anda tidak hanya mendapatkan jumlah trafik yang tinggi saja, tetapi juga mendapatkan trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama dari website Anda.
Cara Kerja SEO
Pada dasarnya, search engine atau mesin pencari memiliki tiga fungsi utama, yaitu :
- Crawling yaitu menjelajahi internet untuk konten, mencari kode/konten untuk setiap URL yang mereka temukan.
- Indexing yaitu menyimpan dan mengatur konten yang ditemukan selama proses crawling. Setelah sebuah halaman berhasil diindeks, maka halaman itu sudah dalam proses untuk ditampilkan sebagai hasil dari permintaan yang relevan.
- Rangking yaitu menyediakan potongan-potongan konten yang paling baik menjawab permintaan pencari, yang berarti bahwa hasil pencarian diurutkan berdasarkan konten yang paling relevan hingga yang kurang relevan.
Profesi SEO
SEO bertugas memastikan halaman situs web yang dikelola mendapatkan peringkat tertinggi dalam search engine. SEO memiliki skill khusus dalam internet marketing dan memastikan sebuah website teroptimalkan sehingga meraih peringkat satu dalam mesin pencarian Google. Dengan menggunakan jasa SEO maka traffic website akan meningkat yang imbasnya meningkatkan penjualan produk dari website tersebut.
SEO sebagai profesi yang erat kaitannya dengan dunia digital, karenanya dibutuhkan pengetahuan bidang komputer dan elektronik, khususnya di bidang analisis sistem dan pemrograman. Kemampuan hitung-hitungan atau matematika juga diperlukan karena banyaknya kegiatan coding yang bersinggungan dengan angka-angka. Software yang wajib dikuasai untuk menekuni profesi ini diantaranya Adobe Creative Suite untuk mendesain banner online, Google Analytic dan Facebook Insight untuk mendapatkan laporan situs analitik, serta Google Adwords untuk PPC (Pay-Per-Click).
Peran dan tanggung jawab SEO marketing
- SEO specialist bertanggung jawab dalam memastikan website yang ia kembangkan sudah dioptimalkan secara teknis sehingga mampu menarik dan melibatkan pengguna internet dengan sebanyak-banyaknya.
- Mengatur strategi konten yang akan di-post. Konten tersebut akan diisi oleh keyword atau phrase tertentu. Sehingga dapat meningkatkan traffic website perusahaan, serta meningkatkan ranking pencarian tentang perusahaan di berbagai macam mesin pencarian.
- SEO Specialist juga bertanggung jawab untuk membuat laporan terperinci kepada klien tentang performa website yang sudah dioptimalkan SEO-nya.
- SEO Specialist bertanggung jawab untuk mempromosikan website secara onsite maupun offsite.
- SEO Specialist juga bertanggung jawab untuk membuat arsitektur teknis yang diperlukan guna pengembangan SEO.
- Tak hanya itu, ia juga harus memiliki pengetahuan tentang SEO copywriting, desain layout, serta teknik iklan yang dapat meningkatkan traffic website dengan maksimal.
- SEO Specialist bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua konten sudah teroptimalkan dengan sempurna di semua platform dan pengalaman pengguna. Misalnya saja website, smartphone, blog, video, ritel portal dan lain sebagainya.
- Analisis Sistem, Menentukan bagaimana sistem seharusnya bekerja dan bagaimana pengaruh perubahan kondisi, operasional, dan lingkungan bagi hasil yang dicapai.
- Terakhir SEO Specialist juga bertanggung jawab untuk meningkatkan dan mempertahankan interaksi yang membangun peringkat di mesin pencarian, profil dan traffic dari sebuah website.
Keterampilan dan pengetahuan CEO Marketing
- Seorang SEO Specialist membutuhkan tools yang akan membantunya dalam proses optimasi sebuah website. Tools pertama adalah Google Analytics dan Google Adwords.
- Kemampuan tentang pengembangan web menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript
- Pengetahuan tentang faktor peringkat dan algoritma search engine
- Up-to-date dengan tren terbaru dan praktik terbaik di SEO dan SEM
- Kemampuan untuk bekerja dengan elemen SEO back-end seperti .htaccess, robots.txt, metadata, optimasi kecepatan situs, dan keterampilan terkait.
- Pemahaman mendalam tentang strategi seluler dan bagaimana kaitannya dengan SEO
- Kemampuan komunikasi yang baik juga sangat penting dalam bidang ini karena kamu akan membutuhkan berbagai macam skill komunikasi seperti mediasi, mengajar, serta memberikan informasi terhadap sistem organisasi di perusahaan serta kepada para pemegang saham.
- Pemahaman yang solid tentang bagaimana blogging, siaran pers, media sosial, dan strategi terkait berjalan seiring dengan SEO
- Pengalaman dalam membangun lalu lintas pencarian organik dan meningkatkan SERPs
- Membuat laporan yang menunjukkan data analisis dan evaluasi situs web
- Jika kamu ingin menjadi seorang SEO specialist, kamu harus memiliki ketertarikan dalam bidang digital marketing serta berkomitmen tinggi dalam mengikuti perkembangan teknologi yang selalu maju dan up to date.
- Analisis terhadap algoritma Google harus kamu kuasai jika ingin mencoba pekerjaan ini. Hal ini karena seorang SEO Specialist diharapkan dapat memprediksi perubahan jenis apa yang akan muncul dalam algoritma Google.
Cara menjadi CEO marketing Syarat dan ketentuan yang harus di miliki
Pendidikan Strata 1
Menjadi seorang SEO Specialist, Pendidikan yang diutamakan adalah Strata 1 di jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, dan Jurusan Lain yang Relevan. Jurusan Ilmu Komputer sendiri ditempuh selama 4 tahun, dan mempelajari Teori dan Bahasa Automata, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Sistem, Sistem Digital, Sistem Cerdas, Jaringan Komputer, Data Science and Analytics, Analisis Numerik, Desain dan Analisis Algoritma, dan sebagainya. Jurusan ini menawarkan beberapa bidang minat, seperti Arsitektur dan Infrastruktur TI, Teknologi Perangkat Lunak, Pengolahan Informasi Multimedia, juga Kecerdasan Komputasional. Info lengkap mengenai jurusan Ilmu Komputer dapat dilihat di Jurusan Pemasaran Digital
Selain itu kamu juga harus Terus Mengasah Pengetahuan SEO. Pertama-tama, kamu perlu mengetahui cara kerja mesin pencari. Umumnya seseorang yang sering menggunakan internet pasti sudah memahami konsep-konsep dasar mesin pencari dan Google, Mencari tahu konsep dasar SEO, Selalu update informasi seputar SEO. Software yang dapat kamu pelajari pun beragam untuk mengasah kemampuan SEOmu. Sebut saja Adobe Creative Suite untuk mendesain banner secara online, Google Analytic dan Facebook Insight untuk laporan situs analitik, serta Google Adwords untuk PPC (Pay-Per-Click), content marketing, media dan design executive, hingga online marketing executive, .
0 comments:
Posting Komentar